Inovasi Pembelajaran Matematika

Standard
  1.   Bekerja Mundur

Strategi ini dimulai dengan siswa melihat informasi terakhir yang diberikan kemudian dari informasi itu berlanjut ke informasi sebelumnya. Demikian secara berkelanjutan sehingga dicapai yang diinginkan

Contoh penerapan:

Ade membuat layang-layang dengan panjang salah satu diagonalnya 16 cm. Hitunglah panjang diagonal yang lain jika luas layang-layang itu 192 cm.

Penyelesaian:

Diketahui             : d1= 16 cm

L = 192 cm

Ditanyakan           :  d2…..?

Jawab:

L layang-layang =

192   =

384   = 16 d2

d2  = 24

jadi panjang diagonal yang lain adalah 24 cm

2.        Membuat tabel dan gambar

Contoh penerapan:

Seorang pedagang mempunyai gudang yang hanya dapat memuat paling banyak 90 peti barang. Tiap peti barang A dibeli dengan harga Rp 20.000,00 dan akan dijual dengan laba Rp 4.000,00. Sedangkan tiap peti barang B yang dibeli dengan harga Rp 10.000,00 akan menghasilkan laba Rp 1.500,00. Jika tersedia modal Rp 1.300.000,00. Tentukan laba maksimum yang dapat diraih oleh pedagang tersebut dan berapa banyak peti barang A maupun B yang dibeli oleh pedagang.

Penyelesaian:

Table Matematika

Peti Harga (Rp) Tempat Laba (Rp)
Barang A 20.000 1 4.000
Barang B 10.000 1 1.500
Tersedia 1.300.000 90  

 

Misal: banyak peti barang A= x

banyak peti barang B = y

baca lanjutannya yuks…..

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s