Penerapan Model Concept Mapping

Standard

BAB I

PENDAHULUAN

  1. A.      Latar Belakang Masalah

Pembelajaran merupakan suatu proses kegiatan yang dilakukan oleh guru dan siswa guna mencapai kompetensi dasar yang telah ditetapkan dan hasil belajar yang maksimal. Menurut Munandar (dalam Tim Pustaka Familia, 2006: 247), proses pembelajaran bukanlah semata-mata memberikan bahan pengetahuan sebanyak mungkin, akan tetapi menanamkan cara-cara untuk memperoleh dan menggunakan pengetahuan. Oleh karena itu, diharapkan siswa nantinya dapat menemukan serta menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang terjadi dengan pengetahuan yang dimilikinya.Untuk menyelesaikan permasalahan maka penalaran sangatlah berperan penting.

Kurangnya kreatifitas dan keaktifan siswa dalam mengkomunikasikan gagasan dan menyelesaikan masalah matematika menjadikan suatu masalah dalam pembelajaran matematika. Sehingga peningkatan kualitas pembelajaran merupakan isu mendasar bagi peningkatan prestasi belajar matematika.Selain itu rendahnya prestasi belajar matematika juga dipengaruhi oleh kurangnya kemampuan siswa menganalisis masalah-masalah matematika yang diberikan oleh guru, kemampuan ini behubungan dengan daya nalar siswa.Rendahnya kemampuan penalaran mengakibatkan siswa sulit untuk mencerna soal-soal yang diberikan guru sehingga mereka tidak bisa memecahkan masalah tersebut.

Rendahnya penalaran siswa dipengaruhi banyak factor. Factor penyebabnya adalah masih dominannya beberapa kelemahan antara lain: 1).  siswa cenderung enggan menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan. 2). Siswa cenderung kurang mampu menggunakan rumus atau konsep yang diperlukan dalam pemecahan masalah matematika. 3). Siswa kurang mampu untuk mengorganisasikan ketrampilannya dalam menyelesaikan masalah. Padahal dalam proses belajar mengajar, matematika. Untuk lebih lengkapnya yuks kita baca lagi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s