MATHEMATICAL COMMUNICATION AND ITS RELATION TO THE FREQUENCY OF MANIPULATIVE USE

Standard

BAB I

PENDAHULUAN

 

  1. LatarBelakang

Banyak studi pada manipulative menjelaskan komunikasi dalam matematika sebagai komponen untuk melaksanakan manipulative di kelas. Komunikasi merupakan bagian penting dari matematika dan pendidikan matematika (DewanNasional Guru Matematika NCTM,2000, hal 60). Menulis dan diskusi sebagai bagian dari komunikasi yang mempromosikan pemahaman yang lebih dalam konsep. Menulis merupakan cara individu untuk menjelaskan ide-ide secara detail. Sedangkan diskusi memungkinkan siswa untuk merefleksikan konsep melalui interaksi dengan orang lain yang terlibat dalam kegiatan yang sama dan menjadikan siswa lebih akrab.

Manipulative biasanya digunakan untuk mewakili konsep-konsep matematika. Banyak manfaat yang terkait dengan penggunaan manipulative. Bruner (1973) mengadakan investigasi dengan anak-anak yang belajar tentang distributive dan komutatif. Melalui serangkaian pengamatan terhadapanak-anak bahan beton dapat digunakan untuk mengembangkan pemahaman tentang kosep matematika. Sepanjang deskripsi penggunaan manipulative untuk memindahkan siswa dari konkret kepemahaman abstrak, Bruner (1973) menggambarkan bahasa sebagai bagian penting dari penggunaan manipulative.

Sejak 1973 Bruners mendeskripsikan keterkaitan bahasa dan manipulative. Banyak literature berfokuspada manipulative muncul untuk mengambil hubungan bahasa menggunakan manipulative. Praktik pelaksanaan bekerja Bruner  pada pengembangan konsep matematika abstrak menggunakan bahan beton. Selain itu ada bukti empiris yang mendukung manfaat kognitif manipulative, menulis matematika, dan diskusi matematika. Karena literature tentang penggunaan manipulative menggunakan menulis dan komunikasi verbal sebagai bagian dari penggunaan manipulative dan sebaliknya juga telah dibahas hubungan interaktif menguntungkan praktik kognitif.

Yuks baca selengkapnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s